Slogan Politik: Membuat Slogan Kampanye Yang Menarik

slogan politikDalam strategi kampanye, ada tiga perangkat komunikasi sederhana, yaitu: pesan, isu-isu yang mendukung pesan, dan slogan kampanye yang efektif. Artikel ini akan membahas ketiga dalam daftar itu: bagaimana menciptakan kampanye yang efektif dan slogan politik yang menarik.
1. Mengikatnya dalam Pesan Kampanye
Ketika merancang sebuah slogan kampanye, hal pertama yang harus diingat adalah pesan kampanye – apa gambaran besar pesan dari kampanye Anda? (Pesan harus dibuat sebelum slogan. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat pesan kampanye, akan dibahas di tulisan berikutnya). Slogan kampanye harus memiliki ikatan yang kuat dengan pesan kampanye secara menyeluruh. Idealnya, slogan kampanye harus dapat menangkap semua semangat pesan kampanye dalam bentuk yang lebih ringkas.
2. Penekanan Pada Nilai Inti Kemanusiaan
Slogan kampanye yang baik, seperti halnya pesan kampanye yang baik, harus memberi perhatian pada nilai dasar kemanusiaan: keinginan, kebutuhan, dan nilai-nilai. Apa inti nilai-nilai kemanusiaan? Inti nilai kemanusiaan adalah hal-hal yang semua orang inginkan dan dapat disetujui secara umum, bahkan jika kita tidak setuju pada cara untuk membuat nilai-nilai tersebut menjadi kenyataan. Nilai-nilai ini juga biasanya emosional, menghasilkan sebuah “deep-down” respons dari pemilih. Beberapa dari nilai-nilai inti ini mencakup:
  • Keselamatan dan keamanan
  • Memastikan anak-anak kita memiliki kehidupan yang lebih baik daripada kita
  • Mampu menyediakan bagi keluarga kita
  • Merasa dunia adalah tempat yang adil dan adil
  • Cukup makan, tempat tidur, dan sekolah yang baik bagi anak-anak kita
3. Buat Mudah Diingat
Setelah membuat sketsa dari dasar-dasar slogan kampanye, menemukan cara untuk mengikatnya ke pesan kampanye, dan menyadap inti keinginan dan kebutuhan manusia. Langkah berikutnya, adalah membuat frase yang mudah diingat untuk slogan kampanye. Harus singkat, dapat dikatakan dalam satu nafas, tapi tidak kehilangan ketajamannya. Dan cukup mudah untuk dapat dikatakan secara berulang-ulang.
Slogan kampanye sering menggunakan “frase ledakan,” sebuah gaya staccato yang memecah kalimat yang lebih panjang ke dalam frase yang mudah ingat.
4. Suarakan
Kunci terakhir untuk menciptakan slogan kampanye menarik adalah suarakan, buat slogan Anda bergema. Sebuah slogan tidak akan bagus jika Anda membuat dan kemudian menyimpannya. Jika Anda telah merancang sebuah tagline besar, gunakan slogan kampanye tersebut pada semua materi promosi … di mana-mana. Orang-orang mengingat hal-hal terbaik ketika mendengar slogan kampanye tersebut berulang-ulang.

0 komentar:

Poskan Komentar