Pemasaran Politik (part 1)

No   Jenis Tips  Operasional Tips




1   Segmentasi Memetakan pasar dengan kreatif



  • Melihat pasar kita dengan lebih detail,



  • Kelompokkan orang-orang/organisasi-organisasi yang karakteristiknya hampir sama



  • Pahami karakteristik segmen masing-masing




  2  Menargetkan Mengalokasikan sumberdaya secara efektif



  • Sebelum menentukan target, harus melihat dulu dimana potensi dan kekuatan



  • Pastikan segmen pasar yang dituju memiliki kemungkinan besar untuk menerima



  • Bidik target pasar seperti sniper; waktu--energi--pikiran




3   Memposisikan          Dipercaya kostumer untuk memimpin



  • Analisa potensi dan kemampuan sendiri



  • Buatlah semua orang percaya akan spesialsasi kita, sampai kostumer percaya



  • Tunjanglah Ultimate advantage tersebut, kalau perlu tunjukan bukti track record




4  Diferensiasi Integeritas, konten (kemampuan diri), konteks (kemasan diri) 



  • Tentukan kelebihan (strength) diri dimana, ;;diferensiasi di konten atau konteks..?;;



  • Cocokan diferensiasi (konten & konteks) tadi dengan posisi yang akan ditetapkan



  • yakinkan kostumer konten dan konteks terintegrasi dengan baik




5   Mixer Marketing Mengintegrasi campuran antara penawaran dan akses marketing yang meliputi 4p (product, price, place, dan promotion)



Product + Price = Penawaran



Place + Promotion = Akses



  • Susunlah 4p yang cocok dengan diferensiasi yang dimiliki
  • Buatlah mixer pemasaran (penawaran & akses) mudah diterima kostumer/calon kostumer












6  Penjualan Membangun persahabatan jangka panjang dengan kostumer



  • Lakukan "penjualan diri", namun jangan terlampau terang-terangan (hard selling)



  • Lakukan Penjualan fitur diri dengan menjua nilai lebih yang ada pada diri.



  • Lakukan penjualan manfaat diri, yakni dengan menjual manfaat kalau kostumer membeli kita, tapi lebih baiknya yang dijual berupa solusi








0 komentar:

Posting Komentar