Cara Kampanye Profesional

kampanye proBanyak cara menjalankan strategi kampanye. Banyak politisi membuatnya terlihat mudah … Pergi keluar, berjabat tangan dengan beberapa orang, memberikan beberapa pidato, dan bersantai menghadapi pemilihan. Namun melakukan kampanye secara profesional, tidaklah semudah kelihatannya. Meskipun bagi politisi senior hal itu nampak seperti mudah.
Terlihat mudah karena mereka telah menghabiskan waktu mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak. Dan telah bekerja keras untuk berlatih teknik-teknik kampanye. Hingga teknik-teknik tersebut menjadi semacam second nature bagi mereka. Ketika semuanya terlihat “klik” untuk seorang politikus, ketika semua pidatonya tampak luar biasa meskipun tanpa naskah, semua media kampanye tampak sempurna. Namun semua keahlian tersebut tidak dicapai dalam waktu yang singkat, butuh bertahun tahun belajar dan berlatih.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mendongkrak upaya kampanye dan membangun momentum … berikut adalah cara untuk kampanye profesional:
Praktek, kemudian Tenang
Politisi berbakat tahu bahwa sangat sedikit hal dalam politik terjadi secara kebetulan. Sebagian besar hal-hal positif yang terjadi adalah hasil dari perencanaan dan praktek. Pidato yang hebat, debat sukses, dan peristiwa besar akar rumput merupakan hasil dari banyak waktu dan usaha yang dihabiskan dalam persiapan.
Kampanye profesional sangat sadar bahwa cara terbaik dalam malakukan pidato, acara atau kegiatan kampanye lainnya adalah dengan persiapan yang matang dan begitu lama. Persiapan tersebut melibatkan banyak hal, sehingga ketika tiba saatnya bertindak, kandidat merasa begitu nyaman dengan bahan dan pesannya. Ia dapat berbicara dan bertindak tanpa berpikir langkah demi langkah. Semua terlihat alami, tidak dibuat-buat hanya untuk sekedar menarik perhatian pemilih.
Dalam hal ini, politisi adalah layaknya pemain baseball. Butuh latihan bertahun-tahun untuk menjadi atlit baseball. Namun ketika saatnya memukul bola, dia tidak perlu banyak berpikir. Hanya tinggal berdiri dan melakukannya. Memukul bola sudah menjadi second nature baginya. Ketahuilah bahwa Anda telah siap dan berlatih, dan merasa nyaman bekerja tanpa catatan.
Kenali Mereka
Kandidat politik bertemu begitu banyak orang selama kampanye. Tidak mungkin untuk mengingat sebagian besar nama-nama mereka, apa masalah yang mereka minati, di mana anak-anak mereka pergi ke sekolah, dan semua tetek bengek lainnya. Namun, orang menginvestasikan waktu dan energi emosional ke dalam promosi Anda, dan ingin merasa seperti Anda “mengenal mereka”.
Mengingat nama dan informasi, kelihatannya mudah, namun pada prakteknya tugas ini sangat sulit. Tugaskan satu orang khusus untuk mengingat nama dan informasi. Buat catatan yang menjadi semacam data base. Pastikan orang tersebut menuliskan nama-nama (dan informasi kontak) dari setiap orang yang bertemu kandidat.
Orang-orang dalam database tersebut suatu saat dapat dikunjungi ulang oleh team relawan kampanye door to door. Bisa juga suatu saat orang bersangkutan dikirimi surat personal, atau dikirimi undangan acara kampanye.
Jangan Berhenti Belajar Cara Kampanye
Tip ini tampak kuno, namun begitu sedikit kandidat dan kampanye melakukannya: Jangan pernah berhenti belajar! Kandidat yang berhenti belajar teknik kampanye politik biasanya stagnan, dan terkejut oleh tren baru dan metode komunikasi.
Jangan pernah berhenti belajar. Jika Anda berada di sebuah kelompok politik yang sedang berkembang, jangan segan mengirim staf untuk mengikuti seminar secara teratur. Jika Anda sedang menjalankan kampanye, adakan pelatihan bagi team untuk mempelajari trik kampanye terbaru dan terdahsyat. Jika Anda adalah seorang kandidat, teruslah membaca buku, berlangganan majalah, dan berbicara dengan para profesional politik lain untuk mengikuti strategi dan taktik terbaru.
Banyak kandidat dan politisi tidak pernah membuat lompatan dari newbie politik untuk pro politik. Beberapa politisi tidak memahami teknik kampanye modern. Banyak yang melakukan kampanye massal tanpa sentuhan. Jangan seperti mereka. Gunakan tips dan trik di atas, dan jangan berhenti belajar terus-menerus, untuk membangun momentum dan strategi kampanye secara profesional.

0 komentar:

Poskan Komentar